RPP kelas IV Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………….

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia

Waktu                          :   4 x 35 menit  (3 X pertemuan)

 

 

  1. A.    Standar Kompetensi       :

1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

1.1  Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

 

  1. C.    Indikator
  1. Menunjukkan bagian-bagian rangka manusia.
  2. Mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia.
  3. Mengelompokkan tulang berdasarkan jenisnya.
  4. Menjelaskan fungsi bagian-bagian rangka.
  5. Mendeskripsikan hubungan struktur rangka dengan fungsinya.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:

ü  rangka kepala

ü  rangka badan

ü  rangka anggota gerak

ü  sendi

  • Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia
  • Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan penanaman nilai disiplin ( Discipline ).
  • Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

 

  1. E.     Materi

Rangka dan Panca Indera Manusia

  • Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
  • Bagian rangka (hlm.2)
  • Fungsi rangka (hlm.6)

 

 

Kerangka manusia

Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.

 

Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.

  1. F.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah
    • Praktek

 

  1. G.    Langkah Pembelajaran

 

pertemuan 1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Memahami peta konsep tentang rangka manusia

F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mendeskripsikan rangka manusia:

-   rangka kepala

-   rangka badan

-   rangka anggota gerak

-   sendi

 

F Siswa menyebutkan rangka kepala

-   T.Ubun

-   T.Pelipis

-   T. Mata

-   T. Dahi

-   T.Hidung

-   T.Pipi

-   Rahang atas

-   Rahang bawah

 

F Siswa menyebutkan rangka badan

-   T.Tengkorak

-   Ruas-ruas Tulang leher

-   T.Selangka

-   T.Belikat

-   T.Dada

-   T.Rusuk

 

-   T.Lengan Atas

-   Ruas-ruas Tulang Punggung

-   TT.Panggul

-   T.Hasta

-   T.Pengumpil

-   T.Pergelangan Tangan

-   T.Telapak tangan

-   Ruas-ruas Jari Tangan

-   T.Paha

 

-   T.Tempurung lutut

-   T.Betis

-   T.Kering

-   T.Pergelangan kaki

-   T.Telapak kaki

-   Ruas-ruas jari

-   T.Kemaluan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya

 

( 50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
  • Mengambar rangka badan manusia
 
pertemuan 2
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengumpulkan pekerjaan rumah
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya
 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menagih tugas pertemuan sebelumnya

F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak

F Mendeskripsikan Sendi :

-   Sendi Engsel

-   Sendi Pelana

-   Sendi Peluru

-   Sendi Putar

-   Sendi Geser

 

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness).

F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.

F Melakukan kegiatan

F Membuat kesimpulan dari kegiatan.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi dengan cara disiplin ( Discipline )

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

F Mengambar rangka badan manusia

 
pertemuan 3
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang

F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan kegiatan

F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:

-   Lordosis

-   Kifosis

-   Skoliosis

F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..

 

 

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan

Fosfor

 

 

  1. H.    Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

 

  1. I.       Penilaian:
    1. Teknik penilaian
    2. Tes tertulis
    3. Tes unjuk kerja
    4. Bentuk instrument.
      1. Isian.
      2. Identifikasi
      3. Contoh instrument.
  • Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !
  1. Macam-macam  rangka anggota gerak adalah ….
  2. Rangka badan tersusun oleh ….
  3. Tulang jari tangan termasuk dalam susunan rangka ….
  4. Tulang rusuk manusia berfungsi untuk ….
  5. Kita bisa berdiri tegak karena adanya ….

 

  • Identifikasi

Kenali dan tunjukkan bagian-bagian rangka manusia.

Pedoman penilaian :

NO

ASPEK

SKOR MAKSIMUM

SKOR PEROLEHAN SISWA

1

Kebenaran menyebutkan bagian-bagian rangka.

1

 

2

Kelengkapan menyebutkan tulang-tulang pembentuk rangka.

1

 

3

Kebenaran menunjukkan posisi atau letak tulang-tulang penyusun rangka.

2

 
  Jumlah skor

4

 

jumlah skor perolehan siswa

NA  =                                                      x 100%

jumlah skor maksimal

 

&     CATATAN :

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

           Mengetahui                                                                                                                            

        Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas 4

 

 

 

………………………………….                                                   ……………………………………

NIP :                                                                                         NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia

 Waktu                         :   2 x 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi       :

1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

1.2  Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

 

  1. C.    Indikator
    1. Menyebutkan kelainan tulang belakang dan tulang kaki serta penyebabnya.
    2. Menjelaskan cara mencegah kelainan rangka.
    3. Menyebutkan penyakit-penyakit pada tulang.
    4. Menjelaskan cara pemeliharaan kesehatan kerangka tubuh.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran** :
  • Siswa dapat Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
  • Siswa dapat Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
  • Siswa dapat Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka

 

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  1. E.     Materi
  • o Memelihara kesehatan rangka:
    • Ø Agar terhindar dari berbagai gangguan penyakit, hal-hal berikut ini perlu dilakukan dengan benar misalnya:
  1. Usahakan agar punggung dalam posisi tegak ketika mengangkat beban dari lantai. Jadi tekuklah lutut,bukan menekuuk punggung.
  2. Usahakan agar tangan kanan dan kiri membawa beban yang beratnya seimbang.
  3. Usahakan duduk dan berdiri selalu dalam posisi tegak.
  4. Serta banyaklah makan makanan yang mengandung vitamin D,kalsium, dan fosfor dan banyaklah berolahraga.
  • o Penyakit yang menyerang tulang misalnya polio, rakktis, osteoporosis, rematik.
  • o Bersikap tubuh yang benar
  • o Makanan bergizi dan berolah raga teratur

 

  1. F.     Metode pembelajaran
  • Ceramah dan praktek

 

  1. G.    Langkah Pembelajaran:
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang

F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan kegiatan

F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:

-   Lordosis

-   Kifosis

-   Skoliosis

F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

 

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor

 

 

 

 

 

  1. H.    Sumber /alat/bahan
  • Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
  • Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi kelas,

 

  1. I.       Penilaian:

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  1. Menyebutkan kelainan tulang belakang dan tulang kaki serta penyebabnya.
  2. Menjelaskan cara mencegah kelainan rangka.
  3. Menyebutkan penyakit-penyakit pada tulang.
  4. Menjelaskan cara pemeliharaan kesehatan kerangka tubuh.
Tugas Individu dan Kelompok

 

 

 

Laporan dan

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

  • Sebutkan kelainan pada tulang belakang dan tulang kaki serta penyebabnya !

 

  • Jelaskan cara mencegah kelainan rangka !

 

  • Sebutkan penyaki-penyakit pada tulang

 

  • Jelaskan cara pemeliharaan kesehatan rangka yang benar!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

 

 

 

Keaktifan

 

 

 

Disiplin

* mengetahui materi

* kurang  mengetahui materi

* tidak mengetahui materi

 

* aktif  mengikuti diskusi

* kurang aktif mengikuti diskusi

* tidak aktif mengikuti diskusi

 

* disiplin

* kurang disiplin

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

 

&   LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

             

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

           

                                                                                        …………, ………………….20 …

           Mengetahui                                                                                                                            

        Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas 4

 

 

 

………………………………….                                                   ……………………………………

NIP :                                                                                         NIP :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri …………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia

Waktu                          :   8 x 35 menit (4 x pertemuan)

 

  1. A.    Standar Kompetensi       :

1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

1.3  Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

 

  1. C.    Indikator
    1. Menyebutkan bagian-bagian mata dan fungsinya.
    2. Mendeskripsikan hubungan antara struktur mata dan fungsinya.
    3. Menjelaskan cara kerja mata.
    4. Menyebutkan bagian-bagian telinga.
    5. Mendeskripsikan hubungan antara struktur telinga dan fungsinya.
    6. Menjelaskan proses pendengaran.
    7. Menyebutkan bagian-bagian hidung dan fungsinya.
    8. Mendeskripsikan antara struktur hidung dan fungsinya.
    9. Menyebutkan bagian-bagian lidah dan fungsinya.
    10. Mendeskripsikan hubungan antara struktur lidah dan fungsinya.
    11. Menyebutkan bagian-bagian kulit dan fungsinya.
    12. Mendeskripsikan hubungan antara struktur kulit dan fungsinya.
    13. Menjelaskan keterkaitan cara kerja beberapa alat indra.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran :
  •  Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian mata dan fungsinya.
  • Siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur mata dan fungsinya.
  • Siswa dapat menjelaskan cara kerja mata.
  • Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian telinga.
  • Siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur telinga dan fungsinya.
  • Siswa dapat menjelaskan proses pendengaran.
  • Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian hidung dan fungsinya.
  • Siswa dapat mendeskripsikan antara struktur hidung dan fungsinya.
  • Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian lidah dan fungsinya.
  • Siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur lidah dan fungsinya.
  • Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian kulit dan fungsinya.
  • Siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur kulit dan fungsinya.
  • Siswa dapat menjelaskan keterkaitan cara kerja beberapa alat indra.

 

 

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

 

  1. E.     Materi Pembelajaran

Mengenal Alat Indera Manusia (Bagian, cara kerja dan kepekaan terhadap rangsang alat indera) :

  • Mata
    • Mata adalah indra penglihat.
    • Bagian-bagian mata  dan fungsinya :
      • Alis mata untuk mencegah masuknya keringat ke dalam mata,
      • Kelopak mata untuk menutup bola mata.
      • Kelenjar mata untuk menghasilkan air mata.
      • Bulu mata untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata  dan mencegah debu masuk ke mata.
      • Lapisan Sclera adalah lapisan luar kornea yang berfungsi untuk menerima rangsang berupa cahaya dan meneruskannya ke bagian mata ysng lebih dalam.
      • Lapisan koroid adalah lapisan tengan yang banyak mengandung pembuluh darah.
      • Retina atau selaput jala untuk menerima cahaya yang diteruskan ke bagian-bagian mata di depannya.
      • Lensa mata untuk meneruskan dan mengumpulkan cahaya atau bayangan benda agar jatuh tepat di retina.
      • Otot mata untut menambatkan bola mata pada dinding dalam rongga mata dan menggerakkan bola mata.
      • Saraf mata untuk meneruskan rangsang cahaya yang dyterima sel-sel reseptor ke susunan saraf pusat otak.
      • Cairan bola mata untuk memberi bentuk pada mata.
      • Mata bekerja saat menerima cahaya. Tanpa cahaya mata tidak dapat berfungsi dengan baik. Pantulan cahaya dari suatu benda masuk melalui pupil kemudian diteruskan ke dalam lensa mata. Oleh lensa mata, cahaya diarahkan sehingga bayangan benda jatuh di retina. Ujung-ujung saraf di retina menyampaikan bayangan benda itu di otak. Selanjutnya otak mengolah bayangan tersebut sehingga kita dapat melihat benda tersebut.
      • Kelainan pada mata antara lain : rabun dekat, rabun jauh,rabun tua, rabun senja, buta warna.
      • Cara merawat kesehatan mata antara lain : mengusahakan untuk makan-makanan yang mengandung vitamin A seperti sayuran dan buah-buahan, jangan membaca di bawah penerangan yang redup, saat membaca diusahakan jarak tulisan dengan mata 30cm, jangan membaca buku dan menonton tv sambil berbaring, dan hindarkan mata dari debu dan kotoran dengan cara memakai kaca mata.
      • Telinga adalah indera pendengar manusia.
        • Bagian-bagian telinga antara lain :
          • Telinga bagian bagian luar yang terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan gendang telinga.
          • Telinga bagian tengah terdiri dari tulang martil, tulang landasan, dan tulang sangurdi.
          • Telinga bagian dalam terdiri dari tingkap jorong, bundar, tiga saluran setengah lingkaran, serta rumah siput (koklea).
          • Cara kerja telinga : suara yang masuk ke telinga ditangkap oleh gendang telinga dan menggetarkannya. Getaran ini lalu diteruskan oleh tulang-tulang pendengar ke telinga bagian dalam,tepatnya di ujung saraf. Oleh saraf getaran tersebut disampaikan ke otak agar diolah sehingga kita dapat mendengar.
          • Kelainan pada telinga antara lain : tuli dan congek.
          • Hidung adalah indra pembau manusia.
            • Hidung terdiri dari dua bagian yaitu :
              • Lubang hidung
              • Rongga hidung.

-       Pada rongga hidung terdapat selaput lendir dan rambut halus.

  • Cara kerja hidung  adalah saa kita bernafas bau ikut masuk ke dalam hidung. Di rongga hidung, bau akan larut di dalam lendir. Selanjutnyya, rangsangan bau akan diterima oleh ujung-ujung saraf pembau serta diteruskan ke pusat penciuman dan saraf pembau. Oleh otak, rangsang tersebut ditanggapi sehingga kita dapat mencium bau yang masuk ke hidung.
  • Kelainan pada hidung antara lain pilek, polip, dan rusaknya saraf pembau akibat cidera pada kepala.
  • Lidah adalah indra pengecap kita.
    • Bagian-bagian lidah antara lain : bintil-bintil lidah yang mempunyai ujung-ujung saraf  pengecap.
    • Cara kerja lidah adalah makanan yang masuk kedalam mulut akan merangsang ujung-ujung saraf pengecap. Oleh saraf pengecap, rangsangan rasa akan diteruskan ke pusat saraf pengecap di otak. Selanjutnya, otak akan menanggapi rangsang tersebut sehingga kita dapat merasakan rasa suatu jenis makanan atau minuman.
    • Kelainan pada lidah antara lain  adalah sariawan.
    • Cara merawat kesehatan lidah antara lain :
      • Menghindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin,
      • Menyikat lidah saat menggosok gigi agar kotoran pada lidah hilang.
      • Makan-makanan yang mengandung vitamin C.
      • Kulit adlah indra peraba manusia.
        • Kulit terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis.
          • Pada epidermis terdapat saluran keringat, pori-pori, dan ujung rambut.
          • Pada dermis terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, akar rambut, pembuluh darah, saraf, dan reseptor indra peraba.
          • Pada hipodermis terdapat jaringan lemak.
          • Kelainan pada kulit antara lain : jerawat, panu, kadas.
          • Memelihara kesehatan kulit dengan cara mandi 2 kali sehari, mencuci tangan dan kaki dengan teratur setip hari.

 

  1. F.     Metode pembelajaran :
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Tanya jawab

 

  1. G.    Langkah Pembelajaran.
pertemuan 1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Memahami peta konsep tentang alat indera manusia.

F Menjelaskan cara kerja mata

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mampu menunjukkan bagian-bagian yang melindungi mata dan kegunaanya :

-   Alis mata

-   Kelopak mata

-   Bulu mata

F Mampu menjelaskan kelenjar air mata dan otot mata.

F Mampu menunjukkan bagian-bagian mata pada gambar yang erat kaitannya dengan fungsi penglihatan.

-   Kornea

-   Iris

-   Lensa

-   Badan Bening

-   Retina

-   Saraf mata

F Melakukan kegiatan.untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali cara kerja mata

 

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

F Mengambar anatomi mata

 

 
pertemuan 2
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengumpulkan pekerjaan rumah
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya
  • Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.
 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menjelaskan fungsi bagian telinga setelah membaca materi dari buku.

F Menjelaskan cara kerja lidah.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mampu menunjukkan bagian-bagian telinga

Telinga luar : Telinga tengah : Telinga dalam :
-   Daun telinga

-   Lubang telinga

-   Saluran telinga luar

 

-   Selaput pendengaran

-   Tulang-tulang pendengaran

-   Saluran Eustachius

 

-   Tiga saluran setengah lingkaran

-   Rumah siput

-   Sakulus dan utrikulus

-   Saraf pendengaran

F Mampu mendeskripsikan cara kerja telinga

F Melakukan kegiatan 1.4 (hlm.19) untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang

F Mampu menunjukkan bagian-bagian lidah

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali cara kerja mata

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
  • Mengambar Alat Indera Manusia
 
pertemuan 3
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
  • Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menjelaskan fungsi hidung.

 

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mengulang kembali cara kerja lidah.

F Melakukan kegiatan. untuk mengetahui kepekaan lidah terhadap rangsang.

F Mampu menunjukkan bagian-bagian hidung

F Mampu mendeskripsikan cara kerja hidung sebagi indera pembau

F Melakukan kegiatan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang cara kerja lidah dan hidung

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Mengambar anatomi mata

 

 
pertemuan 4  
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
  • Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menjelaskan fungsi kulit

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mengulang kembali cara kerja hidung.

F Mampu menunjukkan bagian-bagian kulit

F Mampu mendeskripsikan cara kerja kulit sebagi indera peraba

F Melakukan kegiatan. untuk melihat kepekaan kulit terhadap rangsangan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Mengambar anatomi mata
 

 

  1. H.    Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
  • Gambar-gambar alat indra
  •  Penggaris

 

  1. I.       Penilaian:

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  1. Menyebutkan bagian-bagian mata dan fungsinya.
  2. Mendeskripsikan hubungan antara struktur mata dan fungsinya.
  3. Menjelaskan cara kerja mata.
  4. Menyebutkan bagian-bagian telinga.
  5. Mendeskripsikan hubungan antara struktur telinga dan fungsinya.
  6. Menjelaskan proses pendengaran.
  7. Menyebutkan bagian-bagian hidung dan fungsinya.
  8. Mendeskripsikan antara struktur hidung dan fungsinya.
  9. Menyebutkan bagian-bagian lidah dan fungsinya.
  10. Mendeskripsikan hubungan antara struktur lidah dan fungsinya.
  11. Menyebutkan bagian-bagian kulit dan fungsinya.
  12. Mendeskripsikan hubungan antara struktur kulit dan fungsinya.
  13. Menjelaskan keterkaitan cara kerja beberapa alat indra.

 

Tugas Individu dan Kelompok

 

 

 

Laporan dan unjuk kerja

 

Uraian Objektif

 

  • Sebutkan bagian-bagian mata dan fungsinya !

 

  • Apakah nama bagian mata yang berfungsi meneruskan cahaya yang masuk ke mata ?
  • Jelaskan cara kerja mata!

 

  • Sebutkan bagian-bagian telinga !
  • Bagian tengah dan bagian telinga luar dibatasi oleh ?

 

 

  • Jelaskan proses pendengaran !
  • Sebutkan bagian-bagian hidung dan fungsinya !

 

  • Rangsangan yang dapat diterima oleh hidung berupa ?

 

  • Sebutkan bagian-bagian lidah dan fungsinya !

 

  • Bagian lidah yang paling peka terhadap rasa pahit adalah ?

 

  • Sebutkan bagian-bagian kulit manusia!

 

  • Kulit paling luar tubuh kita disebut ?

 

  • Mengapa lidah berperan sangat penting sebagai alat bicara?

 

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

 

 

 

Keaktifan

 

 

 

Disiplin

* mengetahui materi

* kurang  mengetahui materi

* tidak mengetahui materi

 

* aktif  mengikuti diskusi

* kurang aktif mengikuti diskusi

* tidak aktif mengikuti diskusi

 

* disiplin

* kurang disiplin

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

 

&   LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

           Mengetahui                                                                                                                            

        Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas 4

 

 

 

………………………………….                                                   ……………………………………

NIP :                                                                                         NIP :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………….……

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia

Waktu                          :   4 x 45 menit  (3 X pertemuan)

 

  1. A.    Standar Kompetensi       :

1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

1.4  Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera

 

  1. C.    Indikator
    1. Menyebutkan kelainan/penyakit yang menyerang panca indra dan penyebabnya.
    2. Menjelaskan cara mencegah kelainan/penyakit yang menyerang panca indra.
    3. Mendemontrasikan perawatan beberapa alat indera.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran** :
  • Siswa dapat Menjelaskan cara merawat dan memelihara alat indera manusia
-   Mata

-   Telinga

-   Lidah

-   Hidung

-   Kulit

  • Siswa dapat  Menjelaskan cara mencegah kelainan/penyakit yang menyerang panca indra.
  • Siswa dapat mendemontrasikan perawatan beberapa alat indera.

 

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  1. E.     Materi Pembelajaran

Mengenal Alat Indera Manusia (Merawat dan memelihara kesehatan) :

  • Mata
    • Mata adalah indra penglihat.
    • Bagian-bagian mata  dan fungsinya :
      • Alis mata untuk mencegah masuknya keringat ke dalam mata,
      • Kelopak mata untuk menutup bola mata.
      • Kelenjar mata untuk menghasilkan air mata.
      • Bulu mata untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata  dan mencegah debu masuk ke mata.
      • Lapisan Sclera adalah lapisan luar kornea yang berfungsi untuk menerima rangsang berupa cahaya dan meneruskannya ke bagian mata ysng lebih dalam.
      • Lapisan koroid adalah lapisan tengan yang banyak mengandung pembuluh darah.
      • Retina atau selaput jala untuk menerima cahaya yang diteruskan ke bagian-bagian mata di depannya.
      • Lensa mata untuk meneruskan dan mengumpulkan cahaya atau bayangan benda agar jatuh tepat di retina.
      • Otot mata untut menambatkan bola mata pada dinding dalam rongga mata dan menggerakkan bola mata.
      • Saraf mata untuk meneruskan rangsang cahaya yang dyterima sel-sel reseptor ke susunan saraf pusat otak.
      • Cairan bola mata untuk memberi bentuk pada mata.

 

  • Mata bekerjasaat menerima cahaya. Tanpa cahaya mata tidak dapat berfungsi dengan baik. Pantulan cahaya dari suatu benda masuk melalui pupil kemudian diteruskan ke dalam lensa mata. Oleh lensa mata, cahaya diarahkan sehingga bayangan benda jatuh di retina. Ujung-ujung saraf di retina menyampaikan bayangan benda itu di otak. Selanjutnya otak mengolah bayangan tersebut sehingga kita dapat melihat benda tersebut.
  • Kelainan pada mata antara lain : rabun dekat, rabun jauh,rabun tua, rabun senja, buta warna.
  • Cara merawat kesehatan mata antara lain : mengusahakan untuk makan-makanan yang mengandung vitamin A seperti sayuran dan buah-buahan, jangan membaca di bawah penerangan yang redup, saat membaca diusahakan jarak tulisan dengan mata 30cm, jangan membaca buku dan menonton tv sambil berbaring, dan hindarkan mata dari debu dan kotoran dengan cara memakai kaca mata.
  • Telinga adalah indera pendengar manusia.
    • Bagian-bagian telinga antara lain :
      • Telinga bagian bagian luar yang terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan gendang telinga.
      • Telinga bagian tengah terdiri dari tulang martil, tulang landasan, dan tulang sangurdi.
      • Telinga bagian dalam terdiri dari tingkap jorong, bundar, tiga saluran setengah lingkaran, serta rumah siput (koklea).
      • Cara kerja telinga : suara yang masuk ke telinga ditangkap oleh gendang telinga dan menggetarkannya. Getaran ini lalu diteruskan oleh tulang-tulang pendengar ke telinga bagian dalam,tepatnya di ujung saraf. Oleh saraf getaran tersebut disampaikan ke otak agar diolah sehingga kita dapat mendengar.
      • Kelainan pada telinga antara lain : tuli dan congek
      • Lidah adalah indra pengecap kita.
        • Bagian-bagian lidah antara lain : bintil-bintil lidah yang mempunyai ujung-ujung saraf  pengecap.
        • Cara kerja lidah adalah makanan yang masuk kedalam mulut akan merangsang ujung-ujung saraf pengecap. Oleh saraf pengecap, rangsangan rasa akan diteruskan ke pusat saraf pengecap di otak. Selanjutnya, otak akan menanggapi rangsang tersebut sehingga kita dapat merasakan rasa suatu jenis makanan atau minuman.
        • Kelainan pada lidah antara lain  adalah sariawan.
        • Cara merawat kesehatan lidah antara lain :
          • Menghindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin,
          • Menyikat lidah saat menggosok gigi agar kotoran pada lidah hilang.
          • Makan-makanan yang mengandung vitamin C.

 

  1. F.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Penugasan
  • Demontrasi

 

  1. G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memahami cara merawat mata.

F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata :

-   Miopi

-   Hipermiopi

-   Presbiopi

-   Rabun Senja

-   Buta warna

 

-   Mata merah

-   Katarak

 

F Mengetahui cara mencegah penyakit mata tersebut.

F Memahami cara merawat telinga.

F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga :

-   Tuli -   Bisul -   Congek

F Mengetahui cara mencegah penyakit telinga tersebut.

F Memahami cara merawat lidah

F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang lidah.

F Mengetahui cara mencegah penyakit lidah tersebut.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali cara merawat matam, telinga dan lidah.

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
  • cara memelihara kesehatan panca Indera
 
pertemuan 2  
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengumpulkan pekerjaan rumah
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya
  • Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.

 

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memahami cara merawat hidung.

F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang hidung.

F Mengetahui cara mencegah penyakit hidung tersebut.

F Memahami cara merawat kulit.

F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga.

F Mengetahui cara mencegah penyakit kulit tersebut.

F Mampu menunjukkan bagian-bagian lidah

F Menjelaskan cara kerja lidah.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali cara merawat hidung dan kulit

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Melakukan Tugas
 
pertemuan 3  
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
  • Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menagih tugas

F Mengerjakan Uji kompetensi

F Mengerjakan dan membahas Latihan ulangan.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan pengarahan agar membaca kembali materi tentang Rangka Dan Panca Indera Manusia.

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

F  Melakukan Tugas

 

 

  1. H.    Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
  • Gambar-gambar alat indra mata, telinga, hidung, kulit dan lidah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. I.       Penilaian:

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  1. Menyebutkan kelainan/penyakit yang menyerang panca indra dan penyebabnya.
  2. Menjelaskan cara mencegah kelainan/penyakit yang menyerang panca indra.
  3. Mendemontrasikan perawatan beberapa alat indera.

 

Tugas Individu

 

 

Laporan

Unjuk kerja

  • Sebutkan penyakit yang menyerang alat idra manusia (mata,hidung,lidah,kulit dan hidung )!
  • Carikan informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.

 

  • Demonstrasikan cara merawat indra telinga !

 

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

 

 

 

Keaktifan

 

 

 

Disiplin

* mengetahui materi

* kurang  mengetahui materi

* tidak mengetahui materi

 

* aktif  mengikuti demontrasi

* kurang aktif mengikuti demontrasi

* tidak aktif mengikuti demontrasi

 

* disiplin

* kurang disiplin

* tidak disiplin

4

2

1

4

2

1

4

2

1

 

&   LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

             

 

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

           Mengetahui                                                                                                                            

        Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas 4

 

 

 

………………………………….                                                   ……………………………………

NIP :                                                                                         NIP :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ……………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan

Waktu                          :   2 x 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi       :
    1. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

 

  1. C.    Indikator
  2. Menyebutkan fungsi akar tumbuhan.
  3. Menyebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya.
  4. Menyebutkan jenis-jenis akar.
  5. Menjelaskan hubungan antara struktur akar dengan fungsinya.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat menyebutkan fungsi akar tumbuhan.
  • Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya.
  • Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis akar.
  • Siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur akar dengan fungsinya.

 

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  1. E.     Materi Pembelajaran

Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan

  • Akar
  • Struktur akar  yaitu inti akar, rambut akar, dan tudung akar.
  • Keguanaan akar :
    • Menyerap air dan zat hara dari dalam tanah.
    • Menunjang berdirinya tumbuhan.
    • Sebagai alat pernapasan tumbuhan.
    • Sebagai penyimpan makanan cadangan.

 

  1. F.     Metode Pembelajaran :
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Penugasan
  • Pengamatan

 

  1. G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menjelaskan akar tunggang dan memberikan contoh tanamannya

-   Mangga

-   Jeruk

-   Kacang-kacangan

F Menjelaskan akar serabut dan memberikan contoh tanamannya

F Menjelaskan akar-akar yang memiliki tugas khusus

-   Akar gantung

-   Akar pelekat

-   Akar tunjang

-   Akar napas

F Menjelaskan kegunaan akar bagi tumbuhan seperti :

-   Menyerap air

-   Menyerap zat hara

F Memperkokoh tumbuhan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan

F Melakukan kegiatan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali rangka manusia, rangka kepala dan rangka badan

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Menggambar akar berdasarkan kegiatan 2.1 untuk jenis akar yang lain
 

 

  1. H.    Media Belajar
  • Tumbuhan kecil
  • Baskom dan air secukupnya

 

  1. I.       Penilaian:

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  1. Menyebutkan fungsi akar tumbuhan.
  2. Menyebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya.
  3. Menyebutkan jenis-jenis akar.
    1. Menjelaskan hubungan antara struktur akar dengan fungsinya.

 

Tugas Individu dan Kelompok

 

 

Laporan dan unjuk kerja

 

Uraian Objektif

 

  • Sebutkan fungsi akar pada tumbuhan !
  • Sebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya !

 

  • Sebutkan jenis-jenis akar !

 

  • Jelaskan hubungan struktur akar dengan fungsinya !

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

 

 

 

Keaktifan

 

 

 

 

Kecermatan

* mengetahui materi

* kurang  mengetahui materi

* tidak mengetahui materi

 

* aktif  melakukan pengamatan

* kurang aktif melakukan  pengamatan

* tidak aktif melakukan pengamatan

 

* cermat sekali

* kurang cermat

* tidak cermat

4

2

1

4

2

1

4

2

1

 

&   LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

             

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

           Mengetahui                                                                                                                            

        Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas 4

 

 

 

………………………………….                                                   ……………………………………

NIP :                                                                            NIP :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………….…….

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan

Waktu                          :   2 x 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi       :

2.  Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya

 

  1. C.    Indikator
    1. Menyebutkanperbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil.
    2. Mendemonstrasikan proses transportasi pada batang tumbuhan.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran** :
  • Siswa dapat menyebutkan perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil
  • Siswa dapat mendemonstrasikan proses transportasi pada batang tumbuhan.

 

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  1. E.     Materi Pembelajaran

Batang (hlm.38)

  • Jenis batang yaitu batang berkayu, batang rumput, dan batang basah.
  • Kegunaan batang yaitu :
    • Menjaga agar tumbuhan tetap tegak dan menjadikan daun sedekat mungkin dengan sumber cahaya.
    • Pengangkut air dan mineral dari akar ke daun.
    • Penyimpan cadangan makanan.
    • Alat perkembangbiakan vegetatif.

 

  1. F.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Demonstrasi
  • Diskusi

 

  1. G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya

 

 

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan

F Memahami tentang batang tumbuhan seperti

-   batang basah

-   batang berkayu

-   batang rumput.

F Menyebutkan tanaman yang memiliki batang basah, batang berkayu dan batang rumput.

F Melakukan Kegiatan

F Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kegunaan batang dan jenis batang

 

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Melalkukan tugas 2.1 (hlm.39)

 

 

 

  1. H.    Media Belajar
  • Tumbuhan pacar cina
  • Pisau, gelas, air
  • Pewarna makan

 

  1. I.       Penilaian:

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  1. Menyebutkan perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil.
  2. Mendemonstrasikan proses transportasi pada batang tumbuhan
Tugas Individu dan Kelompok

 

 

 

Laporan

Unjuk kerja

 

Uraian

  • Sebutkan perbedaan dan persamaan struktur batang dikotil dan monokotil !
  • Demontrasikan proses transportasi batang pada tumbuhan !

 

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

Performansi

 

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

3.

 

Pengetahuan

 

 

 

 

Keaktifan

 

 

 

 

Kecermatan

 

* mengetahui materi

* kurang  mengetahui materi

* tidak mengetahui materi

 

 

* aktif  melakukan pengamatan

* kurang aktif melakukan  pengamatan

* tidak aktif melakukan pengamatan

 

* cermat sekali

* kurang cermat

* tidak cermat

4

2

1

4

2

1

4

2

1

 

&   LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

             

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

           Mengetahui                                                                                                                            

        Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas 4

 

 

 

………………………………….                                                   ……………………………………

NIP :                                                                               NIP :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………….…….

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan

 Waktu                         :   2 x 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi       :

2.  Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

2.3     Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya

 

  1. C.    Indikator
    1. Menyebutkan fungsi struktur batang tumbuhan.
    2. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
    3. Menyebutkan bagian-bagian daun beserta fungsinya.
    4. Menjelaskan hubungan antara struktur bagian daun dengan fungsinya.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran** :
  • Siswa dapat menyebutkan fungsi struktur batang tumbuhan.
  • Siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
  • Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian daun beserta fungsinya.
  • Siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur bagian daun dengan fungsinya

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  1. E.     Materi Pembelajaran
  • Batang (hlm.38)
    • Jenis batang yaitu batang berkayu, batang rumput, dan batang basah.
    • Kegunaan batang yaitu :
      • Menjaga agar tumbuhan tetap tegak dan menjadikan daun sedekat mungkin dengan sumber cahaya.
      • Pengangkut air dan mineral dari akar ke daun.
      • Penyimpan cadangan makanan.
      • Alat perkembangbiakan vegetatif.
      • Daun (hlm.41)
        • Bentuk daun antara lain menyirip, melengkung, menjari, dan sejajar.
        • Kegunaan daun sebagai :
          • Tempat pembuat makanan,
          • Tempat pernapasan,
          • Tempat penguapan

 

  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • Pengamatan

 

 

  1. G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menagih tugas 2.1
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan

F Memahami tentang daun melalui pengamatan langsung (kegiatan)

F Mengelompokan tulang daun yang mempengaruhi bentuki helai daun :

-   Tulang daun menyirip

-   Tulang daun menjari

-   Tulang daun melengkung

-   Tulang daun sejajar

F Mendeskripsikan kegunaan daun :

-   Sebagai tempat pemasakan makanan

-   Sebagai alat pernapasan

-   Sebagai tempat terjadi proses penguapan

F Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kegunaan daun.

 

 

(50 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Melalkukan tugas 2.2 (hlm.39)

 

 

 

  1. H.    Media Belajar
  • Berbagai  macam bentuk daun
  • Kertas gambar dan  alat tulis

 

  1. I.       Penilaian:

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  1. Menyebutkan fungsi struktur batang tumbuhan.
  2. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
  3. Menyebutkan bagian-bagian daun beserta fungsinya.
  4. Menjelaskan hubungan antara struktur bagian daun dengan fungsinya
Tugas Individu dan Kelompok

 

 

Laporan

 

Uraian

 

  • Sebutkan fungsi struktur batang tumbuhan !

 

  • Jelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya !

 

  • Sebutkan bagian-bagian daun beserta fungsinya !

 

  • Jelaskan hubungan antara struktur bagian daun dengan fungsinya !

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

 

4

3

2

1

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

2.

3.

 

Pengetahuan

 

 

 

Keaktifan

 

 

 

 

Kecermatan

 

* mengetahui materi

* kurang  mengetahui materi

* tidak mengetahui materi

 

* aktif  melakukan pengamatan

* kurang aktif melakukan  pengamatan

* tidak aktif melakukan pengamatan

 

* cermat sekali

* kurang cermat

* tidak cermat

4

2

1

 

4

2

1

4

2

1

 

&   LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

             

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

                                                                                              …………, ………………….20 …

           Mengetahui                                                                                                                            

        Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas 4

 

 

 

………………………………….                                                   ……………………………………

NIP :                                                                               NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   …………………………..

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Menggolongkan Hewan

 Waktu                         :   2 x 35 menit  (1x pertemuan)

 

  1. A.    Standar Kompetensi      

3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan

  1. C.    Indikator
    1. Mengidentifikasi jenis-jenis makanan hewan.
  2. D.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Menggolongkan jenis makanan hewan

 

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  1. E.     Materi Pembelajaran

Berbagai Jenis, Makan Hewan (hlm.54)

  • Makanan berupa tumbuhan
  • Makanan berupa hewan

 

  1. F.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Tanya jawab

 

  1. G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa Memahami peta konsep tentang penggolongan hewan berdasarkan makan

F Siswa memahami bahwa makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mampu menyebutkan hewan-hewan yang memakan tumbuhan

-       Ulat

-       Kupu-pupu

-       Belalang

-       Burung

-       Ayam

-

F Mampu menyebutkan hewan-hewan yang memakan hewan

-       Laba-laba

-       Cecak

-       Nyamuk

-       Tikus

-       Ular

-

F Memberikan tugas untuk mengelompokan hewan yang memakan hewan lain.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mmberikan kesimpulan bahwa bahwa makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan

 

 

(55 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(10 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • -

 

 

 

  1. H.    Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
  • Gambar hewan

 

  1. I.       Penilaian:
    1. Teknik penilaian

Tes tertulis

  1. Bentuk instrument.

Isian.

  1. Contoh instrument.

 

Soal

  • Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !
  1. Hewan pemakan tumbuhan dinamakan……………..

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

    

  • Setiap jawaban benar mendapat skor 1
  • Setiap jawaban salah mendapat skor 0

 

jumlah skor perolehan siswa

NA  =                                                      x 100%

jumlah skor maksimal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas IV

 

 

 

.………………………...                                                 ……………………………

  NIP :                                                                     NIP :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   …………………………..

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Menggolongkan Hewan

Waktu                          :   4 x 35 menit (2 X pertemuan)

 

  1. A.    Standar Kompetensi       :

3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar
    1. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

 

  1. C.    Indikator
    1. Menggolongkan hewan-hewan berdasarkan jenis makanannya.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran** :
  • Siswa dapat Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).

 

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  1. E.     Materi Pembelajaran

Menggolongkan Hewan (Buku BSE hlm.55)

Berdasarkan jenis makanannya, hewan digolongkan menjadi 3 macam yaitu:

  1. Herbivora yaitu hewan yang makanannya bersumber dari tumbuhan.

Contohnya: sapi, kerbau, kambing, kuda, rusa, kelinci, dll.

  1. Karnivora yaitu hewan yang makanannya bersumber dari hewan lain.

Contohnya: anjing, kucing, buaya, singa, harimau, ular, dll.

  1. Omnivora yaitu hewan yang makannya bersumber dari tumbuhan dan hewan lain.

Contohnya: ayam, bebek, tikus, dan beruang.

 

  1. F.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Praktek

 

  1. G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1  
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat  Memahami peta konsep tentang penggolongan hewan berdasarkan makan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mampu menyebutkan hewan herbivor pemakan dedaunan

-       Kelinci

-       Kambing

-       Kijang sapi

-       Kerbau

-       Gajah

-       Kuda

-       Jerapah

-

F Mampu menyebutkan hewan herbivor pemakan biji-bijian

-       Burung pipit

-       Kakaktua

-       Merpati

-

F Melakukan kegiatan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menegaskan bahwa herbivor yang berbeda ada yang memakan jenis makanan yang sama

 

 

(55 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(10 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • -

 

 
Pertemuan ke 2
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat  Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan kegiatan

F Mampu menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor berkaki empat, keluarga burung

F Mampu menyebutkan hewan karnivor berkaki empat :

-       Kucing

-       Anjing

-       Harimau

-       Singa

-       Kucing hutan

-

F Mampu menyebutkan hewan karnivor keluarga burung (Elang, Gagak, burung hantu)

F Mampu menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor yang mengeluarkan racun (ular)

F Memahami hewan yang memakan jenisnya sendiri (biasa disebut kanibal)

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

  1.  KegiatanPenutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menegaskan bahwa ada hewan yang memakan jenisnya sendiri

 

 

(55 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(10 menit)

  • Pekerjaan Rumah

 

 

 

  1. H.    Media Belajar
  • Gambar berbagai hewan berdasarkan jenis makanannya.
  • Kertas gambar, lem dan alat tulis

 

  1. I.       Penilaian:
    1. Teknik penilaian

Tes tertulis

  1. Bentuk instrument.

Isian.

  1. Contoh instrument.

 

Soal

  • Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !
  1. Hewan pemakan tumbuhan dinamakan……………..
  2. Omnivora adalah hewan pemakan…………..
  3. Hewan pemakan daging disebut………………
  4. Sebutkan 2 contoh hewan pemakan daging!
  5. Sebutkan 2 contoh hewan yang tergolaong herbivora!

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN 

    

  • Setiap jawaban benar mendapat skor 1
  • Setiap jawaban salah mendapat skor 0

 

jumlah skor perolehan siswa

NA  =                                                      x 100%

jumlah skor maksimal

 

 

CATATAN :

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas IV

 

 

 

.………………………...                                                 ……………………………

  NIP :                                                                     NIP :

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   …………………………..

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Waktu                          :   4 x 35 menit (2 X pertemuan)

 

  1. A.    Standar Kompetensi      

5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar
    1. Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)

 

  1. C.    Indikator
    1. Menjelaskan jenis-jenis simbiosis.
    2. Memberi contoh pasangan mahkluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya.
    3. Membuat rantai makanan.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Menyebutkan contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme
  • Siswa dapat Mampu mengambarkan rantai makanan di sawah, di kebun dan di laut

 

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  1. E.     Materi Pembelajaran

Hubungan antar makhluk hidup/ simbiosis dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

  • Simbiosis mutualisme (Buku BSE hlm.60)
  • Simbiosis komensalisme (Buku BSE hlm.60)
  • Simbiosis parasitisme (Buku BSE hlm.60)

Rantai makanan adalah perjalanan makan-memakan seperti suatu rantai.

Rantai makanan tersusun dari produsen (penghasil), konsumen (pemakai), dan pengurai.

 

  1. F.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Tanya Jawab
  • Permainan

 

 

  1. G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Memahami peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.

F Memahami hubungan antamakhluk hidup.

F Mendeskripsikan hubungan erat dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama:

-    Simbiosis mutualisme

-    Simbiosis komensalisme

-    Simbiosis parasitisme

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memberikan contoh simbiosis mutualisme.

F Memberikan contoh simbiosis mutualisme.

F Memberikan contoh simbiosis mutualisme.

F Mampu mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan antarmakhluk hidup.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali tentang hubungan yang erat antara dua jenis makhluk hidup.

 

 

(55 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(10 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Mencari contoh simbiosis yang terdapat di sekitar tempat tinggal
 
Pertemuan ke 2
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
  • Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Memahami bahwa tidak ada satupun mahkluk hidup yang dapat berdiri sendiri

F Mampu mendeskripsikan pengertian produsen,  konsumen dan pengurai.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memahami rantai makanan pada suatu ekosistem, misalnya pada ekosistem sawah.

PADI → TIKUS → ULAR

Tikus dan ular tidak dapat membuat makannya sendiri.

F Melakukan permainan kartu gambar komponen rantai makanan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan bahawa rantai makanan tersusun dari produsen,  konsumen, dan pengurai.

 

 

(55 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(10 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Mengumpulkan atau mencari rantai makanan pada ekosistem lain.

 

 

 

  1. H.    Media Belajar
  • Kartu permainan yang berisigambar-gambar komponen rantai makanan

 

  1. I.       Penilaian:
    1. Tes tertulis
    2. Tes unjuk kerja
  1. Teknik penilaian

 

  1. Bentuk instrument.
  1. Isian.
  2. Identifikasi.

 

  1. Contoh instrument.

 

Soal

  • Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !
  1. Sebutkan 3 macam simbiosis!
  2. Apakah yang dimaksud dengan simbiosis komensalisme?
  3. Sebutkan 2 contoh simbiosis parasitisme!
  4. Hubungan antara 2 jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan disebut………
  5. Berilah contoh peristiwa rantai makanan yang terdapat di hutan!

 

  • Identifikasi

Susunlah rantai makanan pada ekosistem kebun menggunakan kartu yang berisi gambar komponen rantai makanan yang telah di sediakan!

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN   

  

isian

  • Setiap jawaban benar mendapat skor 2.
  • Setiap jawaban mendekati benar mendapat skor 1.
  • Setiap jawaban salah mendapat skor 0
  •   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Mengetahui

* Sedikit mengetahui

* tidak Mengetahui

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang praktek

* tidak praktek

 

* Responsif

* Kurang responsif

* Tidak Responsif

4

2

1

4

2

1

4

2

1

 

LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

             

 

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

 

                                                                                         …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas IV

 

 

 

.………………………...                                                 ……………………………

  NIP :                                                                     NIP :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   …………………………..

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/1

Materi Pokok               :   Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Waktu                          :   6 x 35 menit (3 X pertemuan)

 

  1. A.    Standar Kompetensi       :

5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

5.2  Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

 

  1. C.    Indikator
    1. Menjelaskan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran** :
  • Siswa dapat menjelaskan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
  • Siswa dapat mengamati anggota ekosistem kebun , kolam hias, sawah dan hutan
  • Siswa dapat mengamati dan memahami bahwa pencemaran, penebangan dan kebakaran hutan merusak kelestarian lingkungan.

 

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

 

  1. E.     Materi Pembelajaran

Makhluk Hidup dan Lingkungannya

  • Hubungan makhluk hidup dalam ekosistem
  • Ekosistem hutan
  • Ekosistem sawah
  • Ekosistem kolam hias
  • Ekosistem kebun

Perubahan lingkungan yang merugikan dapat terjadi karena:

  • Pencemaran tanah, air dan udara.
  • Penebangan dan kebakaran hutan

 

  1. Metode    
  • Ceramah
  • Tanya Jawab

 

  1. G.    Media Belajar
  • Gambar ekosistem hutan, ekosistem sawah, ekosistem kolam hias dan ekosistem kebun.

 

  1. H.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1  
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Memahami hubungan makhluk hidup dan lingkungannya.

F Mengetahui ekosistem sebagai tempat berlangsungnya hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungannya.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Membedakan ekosistem buatan dengan ekosistem alam

ekosistem alam

:

hutan, sungai laut, danau, padang pasir, kutub
ekosistem buatan

:

Sawah, ladang, kebun, kolam, aquarium

 

F Mengetahui bahwa makhluk hidup yang berhubungan dengan mahkluk hidup lain membentuk komunitas.

F Mempelajari ekosistem Hutan

F Mempelajari ekosistem Sawah

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali tentang ekosistem hutan dengan menyebutkan anggota-anggota ekosistemnya seperti tumbuhan, hewan dan benda

 

 

(55 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(10 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas
 
Pertemuan ke-2  
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengoreksi pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya.

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menahami ekosistem kolam

F Melakukan tugas 3.3di buku erlangga hlm.67

F Menahami ekosistem kebun

F Melakukan tugas 3.4 di buku erlangga hlm.68

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengulang kembali tentang ekosistem hutan dengan menyebutkan anggota-anggota ekosistemnya seperti tumbuhan, hewan dan benda

 

 

(55 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(10 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • -

 

 
Pertemuan ke-3  
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
  • Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.

 

 

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Mendeskripsikan hal yang menyebabkan lingkungan berubah ;

-       Pencemaran

-       Penebangan dan kebakaran hutan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memahami bahwa rantai makanan tidak akan terputus selama semua mata rantai tersedia

 

 

 

F Jika tidak ada padi, tikus akan kelaparan dan mati. Jika tidak ada tikus maka ualr sawah juga akan kelaparan.

F Memahami bahwa setiap perubahan lingkungan berpengaruh terhadap berlangsungnya kehidupan.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

  • Memberikan kesimpulan bahwa pencemaran penebangan dan kebakaran hutan merusak kelestarian lingkungan.

 

 

(55 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(10 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
  • Melakukan tugas
 

 

 

 

  1. I.       Penilaian:
    1. Teknik penilaian

Tes tertulis

  1. Bentuk instrument.

Isian.

  1. Contoh instrument.

 

Soal

  • Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !
  1. Jelaskan  bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.

 

  1. Jelaskan  kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

@ Setiap jawaban benar mendapat skor 2.

@ Setiap jawabanmendekati benar mendapat skor 1.

@ Setiap jawaban salah mendapat skor 0

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

 

                                                                                         …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas IV

 

 

 

.………………………...                                                 ……………………………

  NIP :                                                                     NIP :

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s